Kamis, 15 Januari 2009

Jangan mau tertipu oleh software simulasi!!!

Pada semester ini, saya memiliki 4 mata kuliah yang memiliki proyek. Masing masing adalah dua proyek mikrokontroler dan dua lagi proyek elektronika. Pada pengerjaan mikrokontrolel saya menggunakan topview simulator sebagai mana sudah sangat sering digunakan. Kebetulan proyek saya ini menggunakan lcd sebagai outputannya, sebagaimana udah diketahui bahwa lcd merupakan alat output yang sedikit rumit pada bagian inisialisasinya. Pada proyek kemaren hal yang aneh adalah ketika proses inisialisasi lcd khususnya pada pengecekan kesibukan lcd, apabila kita memasukkan program yang benar maka tampilan pada topview akan jelek bahkan sering kali tidak muncul. Sedang saat menggunakan program inisialisasi yang salah tampilan program utama selalu muncul. Hal ini menimbulkan sebuah kebimbangan dalam mengetahui kebenaran program yang telah dibuat.

Sama halnya dengan topview, software pensimulasian rangkaian elektronika yaitu ewb(elektronic work branch) ada kalanya memiliki kendala yang serupa. Pada pengerjaan proyek elekronika saya contohnya, awalnya saya ingin membuat rangkain boost regulator(salah satu jenis swiching regulator) yang berfungsi untuk menaikan tegangan inputan. Ic yang digunakan adalah lm2698 pada defaultnya, hanya saja karena sedikit mahal dan untuk pembeliaannya harus dilakukan pemesanan terlebih dahulu, kelompok kami memutuskan untuk menggantinya dengan lm308. Hal ini dilakukan bukan tanpa pertimbangan, kami memilih ini karena kami sudah mencobanya di sofware simulasi, dan di software ini tidak ada komponen lm2698 sehingga semakin menguatkan saya untuk memilih lm308. Setelah rangkaian dibuat, kami melakukan pengetesan secara hardware dan alhasil bukan penguatan yang ada, malah tidak ada sama sekali tegangan yang keluar pada rangkain kami. Setelah bertanya kepada assistant lab ternyata ic lm308 dan lm2698 memiliki fungsi yang berbeda, oleh karena itulah rangkaian kami tidak jalan. Dan ketika kami jelaskan bahwa pada simulasi kami berhasil mereka menjawab itu dikarenakan software itu sudah disetting dari sananya seperti itu.

Apa daya tak sampai, akhirnya ic308 yang kecil namun berharga mahal ini sepertinya tidak akan digunakan, saya hanya bisa menunggu eksekusi dari dosen saya. Oleh karena itu ada beberapa saran yang dapat saya sampaikan.
Untuk software topview:
1. Hati-hati pada penggunaan inisialisasi lcd, jangan terkecoh dengan tampilan yang keluar pada lcd karena terkadang tidak sesuai pada saat di hardware.
2. Ikutilah petunjuk inisialisasi secara keseluruhan sesuai dengan modul yang anda miliki,
3. Urutan penulisan program inisialisasi lcd sangat berpengaruh kepada keberhasilan keluaran,
4. Processor komputer anda akan mempengaruhi keluaran pada simulator. Contohnya saya menggunakan prosessor intel celeron dimana program saya tidak tampil, akan tetapi saat menggunakan komputer dengan prosessor intel core 2 duo tampilan simulasi lcd tampil.

Saran untuk pengguna simulator ewb:
1. Selalu periksa kegunaan komponen dengan menggunakan datasheet yang diberikan oleh pabrik pembuat. Salah satunya adalah situs alldatasheet.com
2. Pastikan anda sudah melakukan perangkaian sesuai prosedur, karena pemilihan komponen pada software tidak selalu ada sesuai dengan yang diinginkan, sebaiknya cek kesamaan fungsi antara kedua data sheet,
3. Banyak-banyak belajar bahasa inggris karena kebanyakan sumber yang ada dalam bahasa inggris. :D

sekian saran dari saya, semoga sukses dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar